Project Description

Salah satu media hiburan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah komik. Selain fungsinya sebagai media hiburan, komik juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan penyampai pesan yang dirancang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Oleh karena itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero), sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa transportasi dengan bisnis inti pada jasa angkutan penumpang dan barang, mencoba berinovasi dengan menghadirkan sebuah inovasi baru dalam menyampaikan pesan pemasaran dan pelayanan melalui media komik dengan tokoh utamanya yaitu Si Loko, maskot resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero).
Gaya bahasa dan penggambaran pada Komik Si Loko dibuat menjadi cerita fiksi dengan karakter pendukung lain di dalamnya yang mendukung penyampaian pesan pemasaran dan pelayanan perusahaan, sehingga komik ini diharapkan bisa mendekatkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada target pemasarannya, terutama anak muda di rentang usia 18-30 tahun.
Cerita fiksi tersebut dibangun dengan metode riset pengguna moda transportasi kereta api terhadap persepsi dan pengalamannya (customer experience) menggunakan produk dan jasa dari PT Kereta Api Indonesia (Persero).
Melalui Komik Si Loko ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga turut mendukung industri kreatif khususnya segmen komik di Indonesia, yang saat ini sudah mulai berkembang, baik komikusnya, konten dan channel penjualannya.